Bicara Iklim: Pemuda Menulis Untuk Keadilan Iklim

  1. Home
  2. Artikel
  3. Bicara Iklim: Pemuda Menulis Untuk Keadilan Iklim
Bicara Iklim: Pemuda Menulis Untuk Keadilan Iklim

Bicara Iklim: Pemuda Menulis Untuk Keadilan Iklim

Last Events Jum'at, 25 September 2020

Oleh Moh. Febri Thalani

(Outreach & Communication Officer - Climate Institute)


Kegiatan ini adalah workshop online pertama dari Climate Institute yang dilaksanakan 23 hingga 25 September 2020. Setiap harinya workshop dimulai pukul 10 pagi, kegiatan hari pertama dimulai dengan sambutan dari Jonathan Davy sebagai Program Officer FNF Indonesia sebagai mitra dari Kemenkumham RI yang bekerja sama dengan Climate Intistute untuk pelaksanaan kegiatan kali ini. Acara dipandu oleh Putri Potabuga (Director - Climate Institute) dan sesi perkenalan dimulai, perkenalan singkat sesama peserta dilakukan dengan membagi peserta dalam beberapa kelompok, kegiatan ini membuat suasana semakin cair, peserta sudah mulai saling mengenal meski berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Peserta yang hadir ini adalah para anak muda yang dipilih berdasarkan tulisan-tulisan yang diseleksi dari empat tema utama yaitu; keadilan iklim dan HAM, gaya hidup rendah karbon, teknologi dan inovasi ramah iklim, dan analisis kebijakan lingkungan.

Topik pada sesi pertama workshop dengan tajuk “Climate Crisis and Climate Justice” dibawakan oleh Skolastika Mudita, Programme Assistant and Communication Officer FNF Indonesia. Materi awal ini sangat penting dan mendasar, Mudita mengajak kita semakin dekat kepada pokok utama permasalahan keadilan iklim dan krisis iklim. Sesi kedua dilanjutkan oleh narasumber dari Mongabay.com, Hans Nicholas Jong yang menyajikan penjelasan lebih detail mengenai pembahasan masalah iklim melalui media sosial. Setelah tahu teorinya maka, peserta diajak latihan dengan membuat postingan tentang krisis iklim pada media sosial masing-masing.

Memasuki hari kedua, masih dipandu oleh Hans, pengetahuan peserta dipertajam lagi dengan membahas lebih lanjut jenis teknik dan etika penulisan dalam mengabarkan krisis iklim supaya jelas bagi pembaca. Banyak hal yang diulas, mulai dari hal teknis hingga subtansial yang dibutuhkan penulis. Hans lebih dalam membahas arti fundamental tentang melaporkan isu perubahan iklim, hal yang perlu disiapkan sebagai penulis dalam isu ini, hingga menuju kepada pemahaman masalah perubahan iklim adalah masalah kemanusiaan. Lebih jauh lagi, tanya jawab menjadi sesi interaktif dari narasumber kepada peserta untuk konfirmasi pemahaman dan mengkomunikasikan ide.

Hari ketiga, meskipun sebagai hari terakhir, rasanya keiatan belum perlu berakhir. Diskusi panel menjadi sesi presentasi menarik dengan menghadirkan Florence Armein (Internews/Earth Journalism Network), Lia Zakiyyah (Climate Reality Leader), dan Marsya Mutmainah Handayani (ICEL). Ketiga narasumber membawakan topik yang berat namun terkemas dengan santai dan mudah dicerna, dimulai dari komunikasi tentang isu perubahan iklim, kebijakan dan advokasi keadilan iklim, serta keterlibatan pemuda dalam menguatkan pesan mendalam isu perubahan iklim menjadikan hari terakhir workshop terasa sangat pendek karena diskusi yang terbangun berhasil membangunkan anak muda yang casual untuk berani aktual. Rangkaian online worksop berakhir, namun masih ada kegiatan yang berlangsung, semua peserta memperbaiki naskah tulisan yang sebelumnya sudah masuk untuk menjadikan tulisannya lebih sempurna lagi dengan banyak bekal dari workshop singkat ini. Hasilnya nanti, semua tulisan yang sudah diperbaiki akan dipublikasikan oleh Climate Institute bekerjasama dengan FNF Indonesia dan Kemenkumham RI.

Online workshop selama tiga hari rasanya terlalu singkat, hal ini membuat kita semua menjadi sadar, “bicara iklim” tidak berakhir pada hari ini, hari terakhir workshop adalah hari yang baru bagi seluruh peserta dan kami dari Climate Institute untuk #UbahPerilaku, dengan memulai dan membicarakan krisis iklim melalui tulisan dengan lebih berisik!!!

 

(Materi pada kegiatan ini dapat kamu download pada link berikut: bit.ly/materibicaraiklim)



img-1601314380.jpg


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar